Fitur – Fitur Utama dari Whatsapp Bisnis


Fitur – Fitur Utama dari Whatsapp Bisnis

fitur utama whatsapp bisnis

Fitur – Fitur Utama dari Whatsapp Bisnis – Dari sekian banyak layanan platform media untuk chatting di Indonesia, WhatsApp atau WA https://ceriabet.com/ bisa dikatakan sebagai yang paling sering digunakan. Tak hanya digunakan untuk bertukar pesan, kini WA juga merangkap sebagai platform untuk berjualan online. Hal inilah yang akhirnya membuat WhatsApp merilis layanan WhatsApp Bisnis pada tahun 2018 silam.

Sah di-launching di tahun 2018, WhatsApp Bisnis sebagai program chat yang diutamakan untuk aktor bisnis, khususnya toko online. WA bisnis mempunyai rangkaian fitur yang mempermudah keperluan komunikasi Anda dengan customer, hingga mempunyai imbas positif untuk omset bisnis.

Aplikasinya ada untuk pemakai iOS atau Android. Anda perlu mengambil, dan memasangkan program WhatsApp Business di handphone. Lantas, masukkan nomor telephone khusus bisnis, supaya berlainan dengan masalah individu. Kemudian, Anda dapat lengkapi profile bisnis dan baru pelajari fitur yang ada supaya berjualan online sukses di WhatsApp Bisnis.

Walau sama sebagai program chat, WhatsApp bisnis dan WhatsApp Messenger tidak sama. Ada beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang tidak Anda dapatkan di WhatsApp Messenger.

Sejumlah fitur – fitur utama Whatsapp Bisnis diutamakan agar semakin mempermudah hubungan dengan konsumen setia yang banyaknya banyak.

Apa fitur terutamanya? Baca ulasan berikut ini!

1. Nama Account Pemakai
Hal tehnis yang membandingkan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger ialah penataan ganti nama account.

Pada WhatsApp Messenger Anda bisa menukar Nama Account sesenang hati kapan pun. Anda bahkan juga dapat cuman masukkan emoji atau watak apa saja pada nama account WhatsApp messenger Anda.

Tetapi, di WhatsApp Bisnis ada banyak ketetapan membuat nama account bisnis sah yang perlu dipatuhi. Ketetapan itu salah satunya seperti berikut.

Anda jangan menulis nama account bisnis sah dengan huruf kapital. Terkecuali untuk akronim dan cuman huruf pertama kali yang pada suatu kata yang bisa dikapitalkan.
Berikut contoh penulisan nama account bisnis WA yang salah dan benar:

Betul : Baju Muslim Pria dan Wanita Umi Kulsum

Salah : Baju Muslim Pria Dan Wanita UMI KULSUM

Jangan ada spasi tambahan antara kata. Jika nama bisnis Anda terdiri dari 2 kata, pembatas kata itu hanya sebuah spasi.
Tidak menambah pertanda baca.
Tidak memakai emoji, lambang, dan watak khusus apa saja ([email protected]#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>)
Tidak menambah watak non-alfanumerik (watak yang bukan berbentuk angka atau huruf).
Menulis merk WhatsApp secara benar. Bukan whatsApp, whats app, WhatsApp, atau sejenisnya.
Disamping itu, nama bisnis Anda jangan cuman terbagi dalam:

Nama komplet seorang
Istilah umum (contoh: Baju)
Lokasi geografis umum (contoh: Jakarta)
Kurang dari 3 watak
Ketentuan-ketentuan itu harus dituruti supaya account bisnis Anda tercatat sebagai “Account bisnis sah”. Bila Anda mengganti nama bisnis , peluang Anda akan hilangkan status “Account bisnis sah”

Jadi yakinkan lebih dulu nama account bisnis yang hendak Anda bikin, ya!

2. Profile
Profile pada WhatsApp Bisnis berisi info bisnis Anda. Dimulai dari nama, alamat, kelompok bisnis, deskripsi, e-mail, dan website. Menu info itu tidak ada pada Profile WhatsApp Messenger.

Konsumen setia bisa menyaksikan secara mudah info itu jika berkunjung profile bisnis Anda.

Tata langkah mengubah profile bisnis Anda juga benar-benar gampang. Berikut tata langkah mengubah profile bisnis Anda.

  • Membuka WhatsApp Bisnis > click Pilihan Yang lain atau > Setel > nama bisnis Anda
  • Click Ubah
  • Ketok sektor mana untuk mengupdate > Taruh.
  • Pada profile account bisnis WA, Anda dapat menambah halaman Facebook dan Instagram.
  • Triknya yakni dengan memberikan URL pada salah satunya form atau kolom website.

3. Pesan Automatis
WhatsApp Bisnis sediakan tiga fitur balas automatis yang tidak ada di WhatsApp Messenger. Ke-3 fitur itu ialah seperti berikut.

Away Message sebagai fitur balas pesan automatis saat ada pesan masuk dari konsumen setia pada luar jam kerja ataupun waktu bisnis tidak sedang bekerja. Anda bisa membuat isi balasan pesan automatis yang sesuai opsi Anda.

Greeting Message sebagai fitur balas pesan automatis yang dapat Anda kirimkan saat konsumen setia pertama kalinya mengontak Anda.

Quick Replies. fitur ini bisa Anda pakai untuk membikin text balasan untuk hal yang kerap ditanya konsumen setia. Triknya gampang, bikinlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan akan ditanya oleh konsumen setia mengenai bisnis Anda.

Saat ada pesan yang masuk, Anda perlu tulis lambang “/”, maka ada quick replies yang telah dibikin awalnya. Bagaimana, benar-benar irit waktu, kan?

4. Daftar
WhatsApp Bisnis mendatangkan fitur daftar untuk tampilkan produk dalam profile WhatsApp Bisnis Anda. fitur ini berperan sebagai etalase produk yang bisa disaksikan oleh customer saat menyaksikan profile Anda.

Dalam daftar itu, customer bukan hanya menyaksikan photo produk, tapi juga menyaksikan detil info dan harga produk.

Langkah memakai fitur Daftar WhatsApp Bisnis ialah membuka menu Penataan > Penataan Bisnis > Daftar.

Selanjutnya Anda perlu menambah photo, info, deskripsi, dan harga produk. Anda dapat menambah link berkaitan lewat produk itu. Misalkan, Anda dapat berikan link ke online shop Anda. fitur Daftar ini dapat tampilkan photo produk sampai 500 photo.

5. Statistik Pesan
Di WhatsApp Bisnis, Anda bisa mengevaluasi jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. fitur ini menolong Anda untuk mengevaluasi pesan mana yang efisien.

Untuk mengecek statistik Anda, membuka WhatsApp Bisnis > click Tombol Menu > Sesudah > Setel Bisnis > Statistik

6. Kelompok Bisnis
Pada kolom profile di WhatsApp Bisnis, ada menu Kelompok Bisnis. Anda dapat tentukan kelompok bisnis yang sama sesuai melalui dropdown daftar yang telah tercatat. Tetapi, bila kelompok bisnis Anda tidak ada pada daftar kelompok bisnis, Anda bisa mempunyai menu “others”.

Ada Kelompok Bisnis ini bisa memudahkan beberapa konsumen setia untuk ketahui bisnis apa yang Anda lakukan. Tentu saja fitur ini tidak Anda dapatkan pada WhatsApp Messenger.

7. Cap
fitur cap sebagai fitur pengelompokan chat berdasar persyaratan tertentu. Pengelompokan pesan yang ada pada WhatsApp Bisnis, diantaranya, prospect, pesan baru, menanti pembayaran, dan pesan usai. Cap itu bisa Anda hapus atau tambah sesuai kemauan Anda.

Dengan fitur ini, Anda dapat membandingkan chat yang mana belum atau telah membayar. Anda bisa juga lakukan follow-up untuk konsumen setia yang belum membayar.

8. Pertanda Contreng Account Bisnis
WhatsApp Business akan lakukan klarifikasi pada akun-akun bisnis lewat nomor telephone yang sudah didaftarkan. Faksi WhatsApp Bisnis akan memberi contreng warna hijau pada account yang terkonfirmasi.

Jika account Anda terkonfirmasi account bisnis sah, konsumen setia Anda akan menyaksikan pertanda contreng hijau pada profilnya atau dari sisi judul chat. Disamping itu, nama bisnis Anda akan kelihatan walau konsumen setia belum simpan contact Anda.

Karena ada fitur ini, bisnis Anda kelihatan lebih dapat dipercaya dan professional, kan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.